Keblinger

Keblinger

Renungan Hari ini: "MAUKAH ENGKAU SEMBUH?"

| Rabu, 11 Januari 2012
Kamis, 12 Januari 2012
Peringatan Sta. Hilda, Abbas, St. Modestus, Uskup dan Abbas dan St. Alred
Mrk.1:40-45;

Injil hari ini menceritakan tentang kisah kesembuhan seorang yang sakit kusta. Ia datang kepada Yesus dan berkata; “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.” Tergerak oleh belas kasihan, Yesuspun menjawabnya: “Aku mau, jadilah tahir!” Sungguh, Yesus datang bukan hanya sebagai Penyelamat tapi juga sebagai Penyembuh. Dialah dokter ajaib yang dapat menyembuhkan karena kekuatan kuasa yang ada di dalam Diri-Nya. Sabda-Nya adalah obatnya, tapi imanmulah yang mengizinkan kesembuhan itu terjadi padamu.

Pagi ini, kita membalikkan pertanyaan dalam bacaan hari ini sehingga masing-masing dari kita siap mendengarkan pertanyaan Yesus; “Maukah engkau sembuh, putra-putriku?” Mengapa? Karena banyak orang bukan hanya sakit fisik tapi lebih dari itu sebenarnya kita menderita sakit psikis alias luka-luka batin, yang dipelihara dan dipupuk oleh dendam dan iri hati, sehingga luka itu semakin hari semakin menganga dan menyengsarakan. Ada saja di antara kita yang tidak mau memaafkan atau sebaliknya tidak mau meminta maaf atas salah dan dosanya. Ada saja diantara kita yang tidak puas ketika dendamnya belum terbalaskan, dan beragam contoh lainnya. Semuanya membuat kita bukan hanya terkapar dalam sakit fisik tapi lebih dari itu sakit hati atau luka-luka batin, yang mengikat dan merongrong kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Oleh karena itu, kuyakinkan engkau pagi ini bahwa Yesus ingin menyembuhkanmu, tapi apakah engkau ingin sembuh atau disembuhkan? Kesembuhan fisik dan psikismu hanya terjadi atas izinmu sama seperti luka-luka yang terjadi padamu atas izinmu sendiri.


Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Duc in Altum***

Sumber: Gereja Katolik

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Bacaan Injil Harian