Keblinger

Keblinger

Renungan harian 3 januari 2012-Yohanes mendorong para murid untuk mengikuti Mesias, bukan dirinya

| Senin, 02 Januari 2012
1Yoh 2:29-3:6,
Mzm 98:1,3cd-4,5-6,
Yoh 1:29-34
Bacaan Injil : Yoh. 1:29–34
Pada keesokan harinya Yohanes meli­­hat Yesus datang kepadanya dan ia ber­ka­ta: ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sen­diri pun mula-mula tidak mengenal Dia, te­tapi untuk itulah aku datang dan membaptis de­ngan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel.” Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: ”Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.”
Renungan
Oleh pewartaannya tentang kedatangan Sang Mesias, Yohanes menjadi pusat perhatian. Orang-orang datang kepadanya dari berbagai daerah untuk diperbaharui imannya dalam baptisan tobat. Sebagai manusia, pencapaian ini dapat mejadi godaan. Namun Yohanes tetap setia pada misinya. Ia bentara Mesias, ia bukan Mesias. Maka perhatian orang harus terpusat pada Mesias, bukan dirinya. “Lihatlah Anak Domba Allah”, kata Yohanes. Yohanes mendorong para murid untuk mengikuti Mesias, bukan dirinya. Pertanyaan kita, dari mana sumber kekuatan Yohanes?
Kekuatan Yohanes terletak dalam proses penempaan diri yang berlangsung bertahun-tahun dalam hidup yang keras di padang gurun. Penempaan diri tersebut membuatnya melihat faktor kemuliaan dunia sebagai hal yang tak penting. Baginya, keberhasilan itu terjadi ketika orang-orang berpaling dari dirinya dan mulai mengikuti Yesus. Selalu menyadari hakekat diri,  itulah kunci kekuatan Yohanes.
Sumber : Mengikuti Sang sabda 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Bacaan Injil Harian