Keblinger

Keblinger

Renungan harian 12 desember 2011-”kami tidak Tahu”

| Minggu, 11 Desember 2011
Senin, 12 Desember 2011
Pekan Adven III (U)

SP Maria dr Guadalupe; Sta. Yohana Fransiska de Chantal

Renungan
“kami tidak tahu” inilah jawaban dari imam-imam kepala ke dan pemuka-pemuka  bangsa Yahudi  kepada Yesus, setelah mereka berunding. Sesungguhnya mereka tahu tentang jawaban yang sebenarnya. Mereka menjawab “tidak tahu” untuk menghindari tanggung jawab.
Dalam kehidupan kita sehari-hari kita bisa saja jatuh dalam pilihan sikap yang sama dengan para imam kepala dan pemuka Yahudi. Kita bisa saja berkata ” tidak tahu” hanya untuk mencuci tangan dari berbagai tanggung jawab. Kita berkata “tidak tahu” untuk suatu alibi. Namun percayalah bahwa mengatakan ” tidak tahu” tentang suatu yang diketahui , apalagi berkaitan dengansuatu perkara besar, akan menciptakan suatu ketidak nyamanan batin dan ketidak leluasaan mengekspresikan diri karena disiksa rasa bersalah. Ada dua nilai yang dikorbankan , yakni menyembunyikan kebenaran dan membiarkan kebenaranberlalu tanpa memengaruhi orang yang berhak memilikinya, Dengan demikian kita mencelakakan diri sendiri dan merintangi orang lain untuk masuk dalam kebenaran.
Masa Adven adalah saat yang tepat untuk membongkar cara pikir dan cara hidup yang mapan , tapi salah. Mari kita perangi aneka kepentingan diri yang bisa mencelakakan diri sendiri dan mencelakakan orang lain juga. Marilah kita selalu membuka hati kepada Yesus dan kebenarannya.
Yah Tuhan ajarilah aku untuk membangun hidup yang jujur , beranikanlah aku untuk mengatakan yang benar.
Sumber : Ziarah batin 2010

2 komentar:

{ Evaristus Angwarmase } at: 12 Desember 2011 pukul 03.15 mengatakan...

Jadi, ada dua jenis tidak tahu. (1) 'Tidak tahu' karena memang tidak tahu. (2) 'Tidak tahu' karena ingin lari dari tanggung jawab. Makasih atas pencerahannya. Tuhan memberkati setiap usaha baik di masa Adven ini. Salam.

http://aruibab.blogspot.com

{ Denny } at: 12 Desember 2011 pukul 08.34 mengatakan...

Amin...

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Bacaan Injil Harian